Pidato Isra Miraj Cocok Untuk Lomba dan Tugas Sekolah

Pidato tentang isra miraj singkat, padat dan penuh makna cocok digunakan untuk kegiatan lomba isra miraj dan tugas sekolah.

Teks pidato isra miraj berikut ini dapat kalian jadikan sebagai refrensi dalam membuat teks pidato isra miraj 1443 H. 

Sebagaimana kita ketahui, isra miraj tanggal 28 Februari atau 27 Rajab 1443 H diperingati oleh umat islam sebagai cara meningkatkan rasa iman kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad.

Pada peristiwa isra miraj tersebut, Nabi Muhammad melakukan perjalanan ke langit ketujuh bersama malaikat jibril untuk mendapatkan perintah langsung dari Allah untuk menjalankan sholat 5 waktu.

Pada momen peringatan isra miraj biasanya akan ada acara keagamaan seperti pidato bertema isra miraj. Acara keagamaan tersebut biasanya dilaksanakan di masjid, pesantren maupun disekolah.

Oleh karna itu pada artikel ini kami akan menyampaikan contoh teks pidato isra miraj 1443 H untuk lomba isra miraj atau tugas sekolah.

Baca Juga :


Pidato Tentang Isra Miraj

Teks pidato tentang isra miraj yang kami sajikan berikut ini merupakan teks pidato singkat, padat namun tetap menarik untuk digunakan.

hAssalamualaikum wr wb,

Alhamdulillahi robbil alamin, wasshalaatu wassalaamu alaa asrafil anbiyaa’i wal mursaliin wa’ala aalihi wasohbihi ajma’in, amma ba’du

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah ...

Yang terhormat Bapak dan Ibu Guru Sekolah ...

Dan yang saya cintai dan saya bangga banggakan teman-teman siswa siswi sekolah ...

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas segala rahmat serta hidayahNya kepada kita semua. Sehingga pada hari yang cerah ini kita dapat berkumpul bersama untuk mengikuti acara ini.

Yang kedua sholawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad saw, dan semoga kita termasuk orang yang mendapatkan syafaatnya di yaumil akhir. Amin ya rabbal alamin.

Para hadirin yang saya hormati.

ijinkan saya akan menyampaikan pidato tentang Isra’ Mi’raj pada acara ini.

Hadirin yang di muliakan Allah,

Dari peristiwa Isra Mi’raj, Rasulullah SAW mendapat perintah yang diturunkan Allah SWT untuk mengerjakan sholat wajib 5 waktu yang di abadikan dalam al Qur’an.

“Maha suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat” (Q.S.Al-Israa’:1)

Sholat artinya adalah doa. Sedangkan menurut istilah, shalat bermakna serangkaian kegiatan ibadah umat islam yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam.

Dalam setiap gerakan dalam sholat selalu diisi dengan doa, diisi dengan zikir, dan kalau kita memahami setiap bacaan yang diucapkan, kita benar-benar diposisikan sebagai seorang hamba yang tahu diri akan kelemahan dirinya, tahu diri karena adanya Sang Pencipta sebagai tempat mengadu atas segala kerisauhannya.

Dilihat dari sisi kesehatan sholat bisa menyehatkan, misalnya saat bersujud dengan tenang akan melancarkan peradaran darah hingga ke otak dan itu dilakukan setiap hari minimal 17 kali dalam sehari. Subhanallah memang perintah Allah sungguh kunci keselamatan didunia dan di akhirat.

Oleh sebab itu jangan pernah meninggalkan sholat dan Semoga Sholat kita semakin khusuk. InsyaAllah, amin.

Akhriul kalam Waalaikumussalam wr wb.


Pidato Isra Miraj Singkat

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Kepada seluruh hadirin yang saya hormati dan saya banggakan. Pertama-tama marilah kita memanjatkan puja dan puji syukur kita ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan kita taufiq, rahmat dan hidayah kepada kita semua . Sehingga dapat bersilaturahmi bersama disini memperingati hari Isra Miraj.

Marilah kita bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW yang telah memberikan petunjuk dari hal yang salah menjadi hal yang benar. Semoga kita yang ada disini mendapatkan syafaat darinya di hari akhir kelak, Amin.

Para hadirin semua yang dimuliakan oleh Allah SWT.

Perlu kita ketahui bahwa 14 abad yang lalu telah terjadi peristiwa sejarah yang sangat bear bagi umat manusia. Bahkan tidak sedikit yang masih mengabaikan kejadian ini. Apabila kita mengaku beriman dan percaya kepada Nabi dan Rasul, kita wajib juga percaya terhadap peristiwa Isra Miraj ini, yakni perjalanan Nabi Muhammad SAW bersama dengan Malaikat Jibril menuju ke langit dan menerima perintah shalat lima waktu.

Perjalanan ini adalah satu-satunya perjalanan dalam sejarah umat manusia menuju langit ke 7 dalam waktu yang amat singkat Perjalanan dimulai dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsha di Al- Quds. Kemudian dilanjutkan dengan menembus langit tertinggi hingga batas yang tidak bisa dijangkau oleh ilmu pengetahuan manusia. Bahkan oleh makhluk lain seperti jin dan lainnya. Semua kejadian ini terjadi dalam waktu semalam. Ini merupakan salah satu mukjizat yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW.

Hadirin sekalian

Dalam peristiwa ini, perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram di Mekkah menuju Masjidil Aqsha di Palestina. Kemudian naik ke Sidratul Muntaha adalah peristiwa yang sangat fenomenal. Sehingga disebutlah sebagai peristiwa Isra Miraj.

Dalam perjalanan ini, Nabi Muhammad SAW beserta seluruh umatnya mendapatkan perintah wajib yakni shalat lima waktu dari Allah SWT.

Shalat adalah hal yang sangat penting bagi keimanan kita, bahkan ibadah wajib ini akan pertama kali dihisab saat hari pembalasan nanti.

Shalat lima waktu adalah ibadah wajib yang dilakukan umat Islam. Bahkan perintah ini datangnya langsung dari Allah SWT.

Ibadah ini merupakan ibadah istimewa yang dilakukan hanya pada umat Islam saja. Dari berbagai konteks ibadah shalat lima waktu merupakan hal yang sangat menakjubkan.

Dari segi kesehatan, shalat lima waktu merupakan terapi yang sangat cocok agar badan tetap sehat. Segi spiritual, melakukan shalat lima waktu akan menjadikan jiwa kita tenang dan merasa terus berada dalam lindungannya.

Para hadirin sekalian,

Ibadah shalat adalah salah satu syarat rukun Islam setelah syahadat. Didirikan dari lima tiang atau sendi. Barangsiapa yang mendirikan shalat, maka ia juga mendirikan agama Islam. Dan barangsiapa yang meninggalkan shalat, maka dia meruntuhkan Islam.

Shalat dilakukan selama lima kali dalam satu hari satu malam. Total semuanya adalah 17 rakaat. Ibadah wajib ini dilakukan oleh semua orang Islam kecuali yang sakit atau wanita yangs sedang haid.

Dalam menjalankan ibadah shalat, setidaknya terdapat empat golongan yang berbeda, diantaranya,

Golongan pertama merupakan golongan manusia yang tidak menjalankan shalat dan ingkar terhadap hukum shalat wajib.

Golongan kedua merupakan golongan manusia yang tidak menjalankan shalat. Namun mereka mengerti bahwa itu wajib dan harus dilakukan. Mereka berdalih malas atau sibuk dalam pekerjaan. Para ulama mengkategorikan sebagai golongan Fasiq yang merupakan golongan yang menyimpang dari ajaran Allah SWT.

Golongan ketiga merupakan golongan manusia yang mengerjakan shalat, tetapi mengerjakannya tidak benar dan asal dalam mengerjakannya.

Mereka tidak mengerti esensi dari shalat bagi umat Islam. Bahkan hanya menggugurkan kewajiban shalat saja.

Sementara golongan terakhir adalah mereka yang mengerjakan shalat dengan benar sesuai syariat Islam.

Para hadirin sekalian,

Mari kita menjalankan shalat menjadi sebuah kebutuhan yang sesuai disyariatkan dalam agama Islam. Agar kita terhindar dari siksa yang nyata dan mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat.

Demikian pidato yang bisa saya berikan, kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

0 Response to "Pidato Isra Miraj Cocok Untuk Lomba dan Tugas Sekolah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel