Tata Tertib Ujian Sekolah SD/SMP/SMA Terbaru

Dalam pelakasanaan ujian sekolah/semester diperlukan tata tertib ujian agar kegiatan ujian tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Tata tertib ujian sekolah berisi tentang aturan pelaksanaan yang wajib ditaati oleh para peserta yang mengikuti ujian. Aturan tersebut apabila dilanggar akan mendapatkan sangsi seperti dibatalkanya ujian atau mengulang ujian sekolah pada hari berikutnya.

Tata tertib ujian dibuat oleh panitia ujian dengan mempertimbangkan kondisi atau keadaan siswa saat ini. Oleh karna itu pada kesempatan kali ini, kami akan bagikan contoh tata tertib ujian sekolah tingkat SD/SMP/SMA  yang dapat dijadikan sebagai refrensi pembuatan tata tertib ujian.

Baca Juga :

Tata Tertib Ujian Sekolah SD/SMP/SMA

Berikut contoh tata tertib ujian sekolah yang bisa bapak/ibu guru gunakan sebagai refrensi pembuatan tata tertib ujian.

1. Peserta Ujian Sekolah (US) memasuki ruangan setelah tanda masuk dibunyikan, yakni lima belas (15) menit sebelum Ujian Sekolah (US) dimulai.

2. Peserta Ujian Sekolah (US) yang terlambat hadir hanya diperkenankan mengikuti Ujian Sekolah (US) setelah mendapat izin dari ketua panitia Ujian Sekolah (US)  tanpa diberi perpanjangan waktu.

3. Peserta Ujian Sekolah (US) dilarang membawa alat komunikasi elektronik dan kalkulator.

4. Tas, buku, dan catatan dalam bentuk apapun dikumpulkan di depan kelas di samping pengawas ruang.

5. Peserta Ujian Sekolah (US) membawa alat tulis dan kartu tanda/peserta ujian.

6. Peserta Ujian Sekolah (US) mengisi daftar hadir menggunakan pulpen yang disediakan oleh pengawas ruang.

7. Peserta Ujian Sekolah (US) mengisi identitas pada LJUS secara lengkap dan benar.

8. Peserta Ujian Sekolah (US) yang memerlukan penjelasan cara pengisian identitas pada LJUS dapat bertanya kepada pengawas ruang dengan cara mengacungkan tangan terlebih dahulu.

9. Peserta Ujian Sekolah (US) mulai mengerjakan soal setelah ada tanda waktu mulai ujian.

10. Selama Ujian Sekolah (US) berlangsung, peserta Ujian Sekolah (US) hanya dapat meninggalkan ruangan dengan izin dan pengawasan dari pengawas ruang.

11. Peserta Ujian Sekolah (US) yang memperoleh naskah soal yang cacat atau rusak, pengerjaan soal tetap dilakukan sambil menunggu penggantian naskah soal.

12. Peserta Ujian Sekolah (US) yang meninggalkan ruangan setelah membaca soal dan tidak kembali lagi sampai tanda selesai dibunyikan, dinyatakan telah selesaimenempuh/mengikuti Ujian Sekolah (US) mata pelajaran yang terkait.

13. Peserta Ujian Sekolah (US) yang telah selesai mengerjakan soal sebelum waktu Ujian Sekolah (US) berakhir tidak diperbolehkan meninggalkan ruangan sebelum berakhirnyawaktu ujian.

14. Peserta Ujian Sekolah (US) berhenti mengerjakan soal setelah ada waktu ujian berakhir dan meletakkan lembar jawaban serta naskah soal di atas meja masingmasing.

15. Selama Ujian Sekolah (US) berlangsung, peserta dilarang:

  • menanyakan jawaban soal kepada siapa pun,
  • bekerja sama dengan peserta lain, memberi atau menerima bantuan dalam menjawab soal,
  • memperlihatkan pekerjaan sendiri kepada peserta lain atau melihat pekerjaan peserta lain,
  • membawa naskah soal Ujian Sekolah (US) dan LJUS keluar dari ruang ujia; dan
  • menggantikan atau digantikan oleh orang lain.

16. Meninggalkan ruang Ujian Sekolah (US) dengan tertib dan tenang setelah pengawas ruang ujian mengumpulkan dan menghitung lembar jawaban dan naskah soal sesuai dengan jumlah peserta Ujian Sekolah (US).

17. Peserta Ujian Sekolah (US) yang melanggar tata tertib ujian, diberi peringatan/teguran oleh pengawas ruang Ujian Sekolah (US) dan dicatat dalam berita acara Ujian Sekolah (US) sebagai salah satu bahan pertimbangan kelulusan.

Catatan :

Silahkan gunakan tata tertib ujian sekolah tersebut dan sesuaikan dengan tingkat pendidikan yang bapak/ibu ajar. 

Jika ingin mendownload file dalam bentuk doc dapat mengunduh pada link dibawah ini.

Download tata tertib ujian sekolah

Itulah informasi mengenai tata tertib ujian sekolah sd/smp/sma yang bisa kami bagikan, semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan.

0 Response to "Tata Tertib Ujian Sekolah SD/SMP/SMA Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel